Rabu, 08 September 2010

Pengertian dan Perkembangan Komputer

PENGERTIAN DAN SEJARAH KOMPUTER

Pada masa lampau manusia selalu dihadapkan pada permasalahan menghitung. Manusia pada zaman itu memanfaatkan batu sebagai media hitung mereka. Bangsa China pada masa 3000 tahunan yang lampau telah berhasil menciptakan alat hitung yang diberi nama sempoa yang diyakini mempunyai keakuratan hasil perhitungan yang tepat dan proses penghitungan yang  diyakini cepat pula. Alat ini sampai dengan sekarang masih dapat kita jumpai dan masih dipergunakan.
Oleh karena permasalahan pada proses menghitung tersebut, maka para ahli mencoba untuk menciptakan beberapa alat yang dapat mengatasi permasalahan menghitung tersebut. Hingga berhasillah diciptakan yang namanya komputer sebagai alat hitung yang akurat dan cepat prosesnya.

Dari beberapa literatur disebutkan penciptaan media komputer telah terjadi sekitar tahun  1812 dengan berhasilnya diciptakan suatu alat yang diberi nama BABAGE CALCULATION MACHINE oleh Charles Babage. Mesin ini merupakan dasar dari komputer yang kita kenal saat ini. Pada mesin ini telah diperkenalkan penyimpan data hasil perkalian yang akan digunakan untuk proses perhitungan selanjutnya dan alat ini juga mampu menghitung logaritma dan trigonometri secara otomatis.

Komputer komersial yang berhasil di buat dan dijual ke masyarakat adalah UNIVAC I yang dikeluarkan oleh Sperry Rand Coorporation pada tahun 1949. Sejak tahun itulah hingga sekarang perkembangan komputer mengalami perkembangan yang sangat pesat. Dengan diketemukannya IC (Integrated Circuit) telah membuat komputer sekarang meninggalkan komputer yang lalu. 

Dalam pemanfaatan komputer sebagai sebuah alat yang dapat membantu pekerjaan manusia, telah membuat penciptaan media komputer ini terus mengalami berkembangan yang pesat, dimana manusia saat ini di dalam memenuhi kebutuhannya terutama terkait dengan penanganan bidang pekerjaannya sangat membutuhkan alat yang mempunyai kemampuan penyimpanan yang besar, proses yang cepat dan hemat dari segi biayanya. Hingga kini banyak produsen komputer yang telah berhasil memasarkan produknya seperti misalkan produsen yang ada di daratan eropa, amerika dan asia.

Dari informasi yang telah disampaikan di atas maka ada beberapa definisi komputer yang telah dikemukakan oleh beberapa pakar diantaranya adalah :

•    Menurut Hamacher [1], komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dan dapat menerima informasi input digital, kemudian memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa informasi.

•    Menurut Blissmer [2], komputer adalah suatu alat elektonik yang mampu melakukan beberapa tugas sebagai berikut:
    Menerima input;
    memproses input tadi sesuai dengan programnya;
    menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan;
    menyediakan output dalam bentuk informasi.

•    Sedangkan Fuori [3] berpendapat bahwa komputer adalah suatu pemroses data yang dapat melakukan perhitungan besar secara cepat, termasuk perhitungan aritmetika dan operasi logika, tanpa campur tangan dari manusia.
Saat ini komputer menjadi sebuah produk pokok manusia yang dirasakan sangat membantu pekerjaan manusia dimana alat ini memiliki beberapa kemampuan yang cukup dihandalkan diantaranya adalah :
a.    Penanganan dalam menangani data yang besar
b.    Melaksanakan tugas rutin yang bersifat mengulang
c.    Dapat beroperasi ditempat yang tidak dapat dijangkau oleh manusia, contohnya adalah tehnologi robot
d.    Perhitungan dengan kecepatan yang tinggi dan rumit.

PERKEMBANGAN KOMPUTER

Sejak awal pembuatannya sampai dengan sekarang komputer banyak mengalami perubahan dan penyempurnaan terutama pada bentuk dan fungsinya. Dengan kemajuan pemikiran manusia banyak mendorong tumbuh pesatnya perkembangan tehnologi saat ini terutama tehnologi komputer.
Dari perkembangan komputer dari awal pembuatannya sampai dengan saat ini dapat di kelompokkan ke dalam beberapa generasi yaitu :

1.    Generasi Pertama
Dimana pada generasi ini komputer pada dasarnya diciptakan dalam bentuk yang sangat sederhana, dan belum begitu kompleks kegunaannya. Generasi pertama ini belum mampu untuk mengatasi persoalan-persoalan yang besar dan proses kerjanya masih sangat lambat. Adapun ciri-ciri generasi pertama ini adalah :
a.    Ukuran fisiknya besar
b.    Kecepatan proses lambat
c.    Cepat panas
d.    Membutuhkan listrik yang sangat besar
e.    Menggunakan tabung hampa udara
f.    Memori menggunakan Magnetic Core Storage
g.    Menggunakan bahasa mesin
Contoh komputer ini antara lain adalah : MARK I, MARK II, IBM 704, IBM 709, UNIVAC II

2.    Generasi II
Pembuatan generasi ke dua ini adalah merupakan pengembangan dari generasi pertama sebelumnya. Pada generasi ini penyempurnaan sudah mulai dilakukan yakni pada bentuk fisik dan kehematannya akan daya listrik yang dibutuhkan. Ciri –ciri yang ada pada komputer generasi kedua ini antara lain :
a.    Komponen telah menggunakan transistor
b.    Ukuran fisik lebih kecil dari ukuran fisik komputer generasi pertama
c.    Proses lebih cepat
d.    Tidak cepat panas
e.    Daya listrik yang dibutuhkan lebih sedikit
Contoh komputer generasi ini antara lain : IBM 7070, IBM 1400, IBM 1600, UNIVAC III.

3.    Generasi Ketiga
Pada generasi ini telah dilakukan penggabungan beberapa komponen dalam satu tempat dan lebih disempurnakan tampilan dari komputer tersebut. Memori untuk penyimpanan diupayakan lebih besar, dan diletakkan di bagian luar komputer (eksternal). Ukuran fisik lebih kecil dan daya listrik lebih hemat dari generasi kedua.
Ciri dari generasi ini adalah :
a.    Telah menggunakan IC
b.    Proses lebih cepat
c.    Listrik lebih kecil
d.    Telah menggunakan memori yang cukup besar
e.    Menggunakan media penyimpanan luar yang bersifat random, yaitu Magnetic Disk  yang berkapasitas cukup besar.
f.    Telah dibuatkannya alat input dan output untuk visual dan suara.
Contoh dari komputer genarasi ini adalah :
GE600, UNIVAC 1108, UNIVAC 9000.

4.    Generasi Keempat
Komputer generasi ini adalah merupakan pengembangan komputer generasi ketiga dimana telah dilakukan penggabungan beberapa IC yang telah dipadatkan.
Ciri dari generasi ini adalah :
a.    Telah menggunakan LSI (Large Scale Integrated)
b.    Dikembangkannya LSI menjadi VLSI (Very Large Scale Integrated )
c.    Chip yang digunakan telah berbentuk segi empat yang memuat rangkaian – rangkaian  terpadu.
Contoh komputer generasi ini adalah : Apple II, IBM 370.


0 komentar:

Posting Komentar