Rabu, 08 September 2010

Data dan Informasi

Dalam kehidupan kita sehari-hari istilah data dan informasi sering sekali kita mendengarnya. Dlam mendapatkan beberapa informasi pemanfaatan media internet adalah salah satu solusi yang tepat untuk itu. Namun perlu kita ketahui bahwa informasi yang kita dapatkan tersebut baik dari media apapun itu, tentunya di hasilkan dari data-data yang dimasukkan ke dalam sistem unit komputer sehingga dihasilkanlah yang namanya informasi tersebut.

Bagaimanakah siklus pemerosesan data sehingga dihasilkan menjadi sebuah informasi? Untuk menjawab pertanyyan tersebut alangkah lebih baiknya kalau kita definisikan terlebih dahulu pengertian data dan informasi tersebut.

Data adalah segala sesuatu yang dapat di masukkan dan diolah oleh komputer. Segala sesuatu tersebut dapat berupa angka, teks, gambar dan lain sebagainya. Sedangkan informasi adalah kumpulan dari beberapa data sehingga ia mempunyai makna atau arti.

Komputer sebagai media penghasil informasi dalam melakukan komunikasi dengan manusia menggunakan bahasa tersendiri yakni bahasa mesin. Oleh karena itu jika manusia ingin berkomunikasi dengan komputer haruslah mengetahui bahasa mesin tersebut. Bahasa mesin komputer ini di terjemahkan oleh ENIAC yakni sebuah perusahaan komputer di USA ke dalam bentuk terjemahan bilangan biner.

Bilangan biner adalah bahasa mesin komputer yang merupakan sarana komunikasi dengan manusia dimana bilangan biner ini adalah bilangan yang terdiri dari bilangan 1 dan 0.
(Konversi bilangan biner ke bilangan desimal akan di bahas di pertemuan kelas kita)

Secara garis besar siklus pemerosesan data menjadi informasi dapat dijelaskan sebagai berikut :
From Wiwid Lombok
Pertama kali data dimasukkan melalui input dan disalurkan ke dalam memori pada process device. Dari memori, data dikerjakan dengan ALU sesuai dengan instruksi dan dikontrol dengan Control Unit (CU) apakah instruksi tersebut sudah benar atau belum. Pada CU tersebut instruksi tersebut akan menampilkan informasi ke mana? Apakah ke monitor ataukah ke printer. Setelah dikontrol oleh CU dan dilaksanakan pada ALU maka instruksi tersebut dikembalikan lagi ke memori dan dikeluarkan ke output device.

CU adalah bagian perangkat keras yang digunakan untuk mengatur dan menjalankan instruksi dalam urutan yang telah ditetapkan.

ALU adalah bagian perangkat keras yang berhubungan dengan perhitungan aritmatika

RAM (Random Access Memory) adalah memori yang dapat digunakan untuk membaca dan menulis. Memori ini menyimpan data dan bersifat sementara saja. Jika komputer mati maka data akan hilang dan digantikan dengan data yang baru ketika lagi dihidupkan/ dijalankan komputernya.

ROM (Read Only Memory adalah Memori yang digunakan hanya untuk membaca. Memori ini menyimpan data bersifat permanen, artinya bahwa data akan tetap ada walaupun komputer kita matikan.

Nah, data atau instruksi yang berada dalam proses device hanya dikenal bilangan biner sehingga semua data yang dimasukkan ke dalam komputer terlebih dahulu harus dikonversi ke dalam bentuk bilangan biner. Dan jika data tersebut akan ditampilkan dalam output hasilnya akan dikonversi lagi dari bier ke bentuk semula dari data tersebut.


1 komentar:

WiwiL mengatakan...

nice posting gan....
visit back yah...

Posting Komentar